Tingkat Kesadaran Prokes di Lingkungan SD Masih Rendah

- 10 Juni 2021, 17:03 WIB
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana, meninjau sejumlah sekolah tingkat SD dan SMP di wilayah kecamatan Sukaratu guna memastikan protokol kesehatan jelang PTM terbatas, Kamis (10/6/2021).
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana, meninjau sejumlah sekolah tingkat SD dan SMP di wilayah kecamatan Sukaratu guna memastikan protokol kesehatan jelang PTM terbatas, Kamis (10/6/2021). /kabar-priangan.com/Aris MF/

KABAR PRIANGAN - Hampir sepekan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) diuji cobakan pada hampir seluruh sekolah tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Tasikmalaya dengan melaksanakan ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT), Kamis (10/6/2021).

Akan tetapi, berdasarkan hasil evaluasi sementara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya yang melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah sekolah menemukan beberapa kekurangan dan catatan yang harus diperbaiki. Salah satunya terkait penerapan kedisiplinan protokol kesehatan (prokes).

Seperti di salah satu SD di Kecamatan Sukaratu, didapati tingkat kedisiplinan Prokes khususnya masih dianggap rendah. Disini dipergoki para siswa berbaur mengerubuti pedagang kekiling yang ada di sekolah.

Baca Juga: Mengenal Iconnet Layanan Internet dari PLN

Begitu pun orang tua siswa yang ikut mengantar terlihat ikut berkerumun. Hal semacam ini menjadi catat untuk diperbaiki pihak sekolah.

Sementara untuk tingkat SMP, penerapan Prokes sudah cukup baik. Selain seluruh siswa memakai masker dan bisa menjaga jarak, sarana penunjang seperti tempat mencuci tangan pun sudah siap pergunakan hampir disetiap depan ruangan kelas.

"Jadi kita terus melakukan sidak ke sejumlah sekolah baik, SD maupun SMP, kaitannya dengan jalannya PAT yang sedang digelar. Akan tetapi yang menjadi perhatian adalah untuk beberapa sekolah SD, kita lihat masih kurang disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Maka dari itu kita evaluasi secara komprehensif nanti," jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana, ketika meninjau sejumlah sekolah di wilayah kecamatan Sukaratu, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Ruang Perawatan Pasien Covid-19 di RSUD Sumedang Sempat Penuh, Ada Apa?

Maka dari itu, kata dia, temuan ini menjadi bahan evaluasi Dinas Pendidikan untuk melaksanakan PTM terbatas pada tahun ajaran baru nanti.

Halaman:

Editor: Dede Nurhidayat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X