Ayam Sentul, Hewan Asli Ciamis dan Mitos yang Menyertainya

- 11 Juni 2021, 10:47 WIB
Ayam sentul khas Ciamis saat mengikuti Pameran Peternakan dan Pertanian se Jawa Barat di Kompleks Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya 13 Juli 2018 lalu.
Ayam sentul khas Ciamis saat mengikuti Pameran Peternakan dan Pertanian se Jawa Barat di Kompleks Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya 13 Juli 2018 lalu. /kabar-priangan.com/Helma A/

KABAR PRIANGAN – Selain Galendo yang menjadi makanan asli khas Ciamis yang dikenal selama ini, Ciamis juga mempunyai hewan asli Ciamis.

Dalam surat Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 689/Kpts.PD410/2/2013, ayam sentul ditetapkan sebagai ayam rumpun lokal Indonesia asal Ciamis.

Dari segi ukuran, ayam sentul berukuran sedang dengan warga bulu dominan abu-abu dengan variasi kombinasi warna abu-abu tua, putih, dan merah.

Baca Juga: Galendo, Si Manis Gurih Makanan Khas Ciamis yang Wajib Dicicipi

Kenapa diberi nama Sentul, karena ternyata nama ini diberikan melihat warna dari ayam ini yang mirip buah kecapi. Di Ciamis, buah kecapi ini dikenal sebagai buah sentul.

Ternyata ada cerita mitos tentang ayam ini. Menurut cerita yang beredar turun temurun, konon ayam sentul ini merupakan ayam keturunan Si Jelug.

Si Jelug yaitu ayam aduan kesayangan Satria Ciung Wanara, anak Raja Galuh dari seorang perempuan bernama Naganingrum.

Baca Juga: Perluasan Lahan TPA Ciangir, Pemkot Tasikmalaya Hanya Alokasikan Rp 2-3 M

Siapakah Satria Ciung Wanara? Berdasarkan jejak kisahnya di situs budaya Karangkamulyan Ciamis diketahui saat baru dilahirkan, Ciung Wanara dihanyutkan di sungai Cimuntur bersama dua butir telur.

Halaman:

Editor: Dede Nurhidayat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X