Dorong Peningkatan Populasi Sapi di Sumedang, Diskanak Targetkan Jumlah Akseptor IB

- 15 April 2022, 15:04 WIB
Petugas mengamati sapi yang akan di IB di wilayah Jatinunggal, Sumedang. sejumlah langkah untuk penambahan populasi sapi di wilayah Sumedang telah dilaksanakan oleh pihak dinas.
Petugas mengamati sapi yang akan di IB di wilayah Jatinunggal, Sumedang. sejumlah langkah untuk penambahan populasi sapi di wilayah Sumedang telah dilaksanakan oleh pihak dinas. /kabar-priangan.com/Nanang Sutisna/

KABAR PRIANGAN - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang mengupayakan peningkatan populasi sapi di wilayah Sumedang. Upaya tersebut merupakan tindak lanjut target program nasional yang telah dicanangkan dalam proses penambahan populasi sapi.

Melalui Kepala UPTD Pembibitan pada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang, Asep Kurniawan menyebutkan, sejumlah langkah untuk penambahan populasi sapi di wilayah Sumedang telah dilaksanakan oleh pihak dinas. 

Salah satu langkahnya, kata dia, dengan melalukan sosialisasi kepada peternak dan petani pemilik sapi, terkait pentingnya akseptor inseminasi buatan (IB).

Baca Juga: Satpol PP Sumedang Berhasil Amankan Puluhan Botol Miras di Rumah Penduduk

Kata Asep, UPT Pembibitan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang pada tahun 2022 ini ditargetkan bisa mendapatkan 13.200 ekor sapi sebagai akseptor inseminasi buatan (IB).

"Untuk target IB di Jabar, Kabupaten Sumedang masuk dalam posisi 5 besar, dimana target Jabar dari Nasional sebanyak 85.000 akseptor IB," ujar Asep.

Baca Juga: Bupati Sumedang: Ketersediaan Bahan Pokok Masyarakat Akan Aman Hingga Lebaran

Asep menambahkan, pihaknya cukup optimis target tersebut dapat tercapai apalagi saat ini para peternak di Sumedang dalam mengawinkan ternak sapinya lebih memilih IB dibandingkan kawin alami.

Dikatakan Asep untuk mengejar target tersebut pihaknya juga akan berupaya lebih meningkatkan sosialisasi pada para peternak dengan memanfaatkan 22 inseminator yang tersebar diberbagai kecamatan.

"Kebetulan dari 22 inseminator ini ada juga yang bertugas sebagai penyuluh jadi lebih mudah bagi kami melakukan sosialisasi," ucapnya.

Halaman:

Editor: Nanang Sutisna


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x