Jalan Strategis Desa di Sumedang Terancam Putus Akibat Longsor

- 20 April 2022, 14:07 WIB
Warga sedang bekerja bakti memasang rucuk bambu di lokasi bencana longsor, di Dusun Pangaroan, Desa Cipanas, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Rabu, 20 April 2022.
Warga sedang bekerja bakti memasang rucuk bambu di lokasi bencana longsor, di Dusun Pangaroan, Desa Cipanas, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Rabu, 20 April 2022. /kabar-priangan.com/Taufik Rohman /

KABAR PRIANGAN - Ruas jalan strategis antara Dusun Sudimampir - Babakan Caringin, di wilayah Desa Cipanas Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, kini terancam putus akibat bencana longsor, yang terjadi Selasa, 20 April 2022, petang.

Bencana longsor yang mengancam ruas jalan strategis di wilayah Desa Cipanas ini, terjadi menimpa tebing setinggi 15 meter yang menjadi penyangga utama jalan, di wilayah Dusun Pangaroan RT 05/05.

Guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan yang dapat memutuskan akses jalan, warga setempat langsung bergerak melakukan kerja bakti, untuk memasang rucuk bambu di lokasi bencana.

Baca Juga: Sukron Ramadan Fest, Tawarkan Produk Ekraf dan Seni Budaya Lokal Sumedang

"Malam tadi itu, di daerah kami ada lima titik lokasi bencana. Yang paling parah, bencana longsor pada tebing jalan di Dusun Pangaroan," kata Kepala Desa Cipanas, Moh Asep Lantifan, Rabu, 20 April 2022, siang.

Bencana longsor pada tebing jalan strategis ini, sambung Asep, malam itu juga langsung ditangani oleh masyarakat setempat. Soalnya, material longsor pada tebing tersebut, malah menutup jaringan irigasi, sehingga menimbulkan banjir dan mengancam rumah warga.

"Penanganan longsor ini sudah dilakukan sejak tadi malam. Bahkan tadi pagi, warga masih bekerja bakti untuk memasang rucuk bambu pada tebing bekas longsor, agar tidak terjadi longsor susulan," ujar Asep.

Baca Juga: Sekda Sumedang: Wa Kepo Siap Sajikan Layanan Informasi Seputar Mudik dan Lebaran

Dijelaskan Asep, selain mengancam akses jalan, bencana longsor pada tebing jalan strategis Kabupaten Sumedang ini, sangat mengancam rumah warga yang berada di bawah tebing.

Maka dari itu, Asep pun meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, supaya dapat segera melakukan upaya penanggulangan secara permanen pada lokasi bencana di desanya.

Halaman:

Editor: Nanang Sutisna


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x