Waspada Jalur Mudik, Polres Sumedang dan Tim PUPR Kaji Lokasi Longsor di Cigendel

- 27 April 2022, 13:56 WIB
Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto saat meninjau lokasi rumah makan yang terbawa longsor di Cigendel Pamulihan.
Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto saat meninjau lokasi rumah makan yang terbawa longsor di Cigendel Pamulihan. /kabar-priangan.com/Devi Supriyadi/

KABAR PRIANGAN - Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto meninjau lokasi longsor di Rumah Makan Cigendel, di Jalan Raya Bandung-Sumedang tepatnya di Wana Wisata Perhutani Kecamatan Pamulihan, Sumedang.

Pihaknya, kata dia telah melakukan diskusi dengan tim dari Kementerian PUPR terkait peristiwa tersebut. Pasalnya titik ambles berada di pinggir jalan Bandung-Sumedang dan akan menjadi perlintasan untuk jalur mudik.

"Kami sudah berdiskusi dengan tim dari kementrian PUPR terkait longsor yang terjadi di daerah Cigendel ini, diduga ada aliran air dibawah jalan ini yang mengarah tepat ke arah rumah makan yang longsor tersebut," ucapnya di lokasi longsor Cigendel Pamulihan, Selasa, 27 April 2022.

Baca Juga: Wisata Buricak Burinong Diresmikan, Gubernur Jabar Minta Pemda Sumedang Maksimalkan Pemberdayaan Warga Lokal

Selanjutnya, kata dia, tim dari PUPR, akan melakukan proses assessment. Agar diketahui seberapa luas area lahan yang labil.

"Sebelum sudah dilakukan sterilisasi terhadap daerah tersebut, karena daerah tersebut rawan longsor seperti yang pernah terjadi," katanya.

Berdasarkan keterangan dari Tim Kementrian PUPR bahwa assessment tersebut sedang dalam tahap pengerjaan, diperkirakan 1 sampai 2 minggu kedepan sudah dapat disimpulkan area mana saja yang akan dilakukan sterilisasi.

Baca Juga: Kajari Sumedang Bentuk Kampung  Restorative Justice di Kutamandiri

"Saat ini sedang dilakukan upaya sementara dengan pemasangan alat teknik untuk penahan supaya area longsor tidak meluas," ujarnya.

Adapun yang dilakukan oleh Polres Sumedang saat ini, yaitu melakukan pengaturan lalu lintas, karena saat ini sedang dilakukan pembersihan material longsoran sehingga menyebabkan arus lalu lintas diberlakukan buka tutup jalur.

Halaman:

Editor: Nanang Sutisna


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x