Puluhan Pengikut NII Garut Deklarasikan Kembali ke Pangkuan NKRI. Nyatakan Tiga Sikap Berikut Ini

- 28 April 2022, 23:38 WIB
Seorang anggota NII di Garut, mendeklarasikan diri kembali ke pangkuan ibu pertiwi dan akan setia kepada NKRI, Kamis 28 April 2022.*
Seorang anggota NII di Garut, mendeklarasikan diri kembali ke pangkuan ibu pertiwi dan akan setia kepada NKRI, Kamis 28 April 2022.* /kabar-priangan.com/Aep Hendy/

KABAR PRIANGAN - Puluhan pengikut aliran Negara Islam Indonesia (NII) di Garut mendeklarasikan kembali ke pangkuan negara. Mereka pun bertekad untuk setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Deklarasi dilakukan puluhan pengikut NII di Gedung Dakwah Kecamatan Pameungpeuk, Kamis (28/4/2022). Deklarasi disaksikan petugas Densus 88, Polres Garut, Kemenag, Kesbangpol, dan MUI Garut.

Kapolsek Pameungpeuk, Iptu Maoludin menyebutkan ikrar setia terhadap NKRI dilakukan 70 warga yang sebelumnya menjadi pengikut NII. Mereka terdiri dari 58 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.

Baca Juga: Buntut Kasus Dugaan Suap Bupati Bogor Ade Yasin, Kepala BPKP Jabar Dicopot. Ini Penjelasan Kepala BPK RI

"Tadi pagi telah dilaksanakan Deklarasi Pembatalan Islam Bai'at Takfiri/NII  dan Sumpah Setia Kepada NKRI. Kegiatan ini dilaksanakan oleh MUI Garut bekerjasama dengan Densus 88, Pemda Garut, Polres Garut, Kodim 0611 Garut, dan Kemenag Garut," ujar  Maoludin.

Direktur Pencegahan Densus 88 Anti Teror, Kombes Pol Tubagus Ami, menyampaikan ada tiga poin yang disampaikan puluhan orang tersebut dalam deklarasi. Pertama, mereka menyatakan keluar dari NII dan kembali menjadi warga RI.

Kedua, tuturnya, mereka menyatakan tidak akan kembali menjadi anggota NII serta kelompok, lembaga atau organisasi apa pun yang merongrong kesatuan NKRI. Mereka juga menyatakan akan setia kepada negara, Pancasila UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Jelang Lebaran Harga Cabai Merah di Pasar Ciamis Melambung, Penjual dan Pembeli Sama-sama Bingung

Sementara itu Ketua MUI Garut, KH Sirojul Munir, mengungkapkan harapannya agar para eks anggota NII ini sadar sepenuhnya usai menyatakan deklarasi.

Halaman:

Editor: Zulkarnaen Finaldi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x