11 Ekor Sapi di Banjar Terjangkit PMK, Peternakan Langsung ‘Dilockdown’. Warga Mulai Beralih Konsumsi Ikan

- 12 Mei 2022, 20:09 WIB
TIM Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kota Banjar saat melakukan penanganan sapi terjangkit PMK di wilayah Kota Banjar, Kamis 12 Meni 2022*
TIM Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kota Banjar saat melakukan penanganan sapi terjangkit PMK di wilayah Kota Banjar, Kamis 12 Meni 2022* /kabar-priangan.com/D. Iwan/

KABAR PRIANGAN - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap ternak sapi kian meluas ke wilayah Jawa Barat, termasuk ke Kota Banjar.

Di Kota Banjar, sampai Kamis, 13 Mei 2022, terdata 11 ekor sapi terjangkit penyakit PMK tersebut.

Atas temuan itu, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan Kota Banjar langsung melakukan lockdown terhadap ke 11 sapi yang terkena penyakit PMK tersebut.

Baca Juga: Tiga Jenderal NII di Garut Dituntut Hukuman 2 dan 5 Tahun Penjara

Menurut Kepala Bidang Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan Kota Banjar, drh. Iis Meilia, 11 ekor sapi yang terjangkit PMK itu milik seorang pengusaha ternak sapi di lingkungan Kelurahan/Kec/Kota Banjar.

"Saat ini, ke 11 ekor sapi yang terjangkit PMK itu sedang dikarantina dan ditangani tim dokter hewan," ucapnya.

Sebagai upaya guna mengantisipasi agar PMK tidak meluas, dia menjelaskan, kawasan peternakan sapi tersebut sudah dilockdown, dan tidak berbolehkan keluar masuk ternak maupun manusia.

Baca Juga: Tragis Penganiayaan di Limbangan Garut, 1 Tewas, 1 Luka

"Orang yang diperbolehkan mkasuk hanya petugas dari Dinas Peternakan dan pengurus kandang yang biasa memberi makan ternak," ucapnya.

Halaman:

Editor: Zulkarnaen Finaldi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x