Disdukcapil Sumedang Berikan Pelayanan Khusus Bagi Penyandang Disabilitas

- 18 Mei 2022, 17:53 WIB
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, sedang menyerahkan dokumen kependudukan kepada salah seorang penyandang disabilitas, di SLB Pembina, Kecamatan Cimalaka, Rabu, 18 Mei 2022.
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, sedang menyerahkan dokumen kependudukan kepada salah seorang penyandang disabilitas, di SLB Pembina, Kecamatan Cimalaka, Rabu, 18 Mei 2022. /kabar-priangan.com/Taufik Rohman /

KABAR PRIANGAN - Dalam upaya mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada para penyandang disabilitas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang, kini sengaja sengaja membuka pelayanan di SLB Pembina, Kecamatan Cimalaka, Sumedang.

Pelayanan Adminduk yang diselenggarakan melalui kerjasama antara Disdukcapil dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SLB se-Kabupaten Sumedang ini, dihadiri langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir.

Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumedang Budi Rahman, melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Ferry Fardians, menyebutkan kegiatan Pelayanan Adminduk di SLB Pembina tersebut, akan dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 18 Mei hingga 19 Mei 2022.

Baca Juga: Waktu Pelaksanaan MTQ Tingkat Jabar di Sumedang Tunggu Persetujuan Gubernur, Ini Bocorannya

"Kegiatan Pelayanan Adminduk ini, merupakan salah satu upaya Disdukcapil untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya kepada para penyandang disabilitas," kata Ferry Fardians, Rabu, 18 Mei 2022.

Ferry menuturkan, kegiatan gebyar Pelayanan Adminduk bagi penyandang disabilitas ini, tentunya merupakan bagian dari program Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Khusus di Kabupaten Sumedang, kata Ferry, gebyar Pelayanan Adminduk ini sengaja dipusatkan di SLB Pembina, Cimalaka, dengan sasaran 334 orang penyandang disabilitas.

Baca Juga: Begini Persiapan Pemda Sumedang untuk Bisa Meraih Top Ten SP4N LAPOR

"Kegiatan pelayanan ini, bertemakan 'Aksi masif Pelayanan Adminduk terpadu dan inklusif'. Ini bagian dari upaya kami dalam rangka mewujudkan Sumedang Simpati," tutur Ferry.

Adapun jenis pelayanan yang diberikan dalam gebyar Pelayanan Adminduk ini, salah satunya pendataan, perekaman, dan penerbitan dokumen kependudukan, seperti penerbitan KTP elektronik, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran.

Halaman:

Editor: Nanang Sutisna


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x