20.000 Kartu Tani di Kota Tasikmalaya Sudah Disalurkan, Distributor serta Kios Pupuk dan Pestisida Diawasi

- 6 Juli 2022, 22:53 WIB
Pekerja mengangkut pupuk dari truk untuk disimpan di salah satu gudang pupuk di Kota Tasikmalaya, beberapa waktu lalu.*
Pekerja mengangkut pupuk dari truk untuk disimpan di salah satu gudang pupuk di Kota Tasikmalaya, beberapa waktu lalu.* /Kabar-Priangan.com/Istimewa

KABAR PRIANGAN - Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida Dinas Ketahanan Pangan Partanian dan Perikanan (DKP3) Pemkot Tasikmalaya melakukan pengawasan pupuk dan pestisida di sejumlah tempat distibutor pupuk dan pestisida bersubsidi di Kota Tasikmalaya, Rabu 6 Juli 2022.

Tak hanya distibutor, kios pengecer pupuk dan pestisida juga dilakukan pengawasan. Sedangkan yang menjadi pengawasan dalam kegiatan tersebut adalah dari sisi ketersediaan, jumlah, kualitas, stok dan harga jual kepada petani.

Kabid Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan DKP3 Kota Tasikmalaya Anisah Kardiati mengatakan, dalam kegiatan tersebut jenis pupuk yang diedarkan juga menjadi sasaran pengawasan karena dikhawatirkan ada pupuk-pupuk palsu atau tiruan yang dijual di pasaran.

Baca Juga: Jauh-jauh, Ketua Umum PSSI, Iwan Bule Jajal Lapangan Sakti Lodaya di Pinggiran Kabupaten Tasikmalaya

"Walaupun di Kota Tasikmalaya baik di distributor maupun kios pengecer kami tidak menemukan adanya pupuk palsu, namun setidaknya kewaspadaan harus tetap ada karena kecenserungan kearah sana bisa saja terjadi," ujarnya.

Selain itu, lanjut Anisah, pengawasan juga terus dilakukan untuk mengamankan ketersediaan jangan sampai terjadi kelangkaan pupuk yang bisa menyusahkan petani. Adapun untuk kuota pupuk bersubsidi di Kota Tasikmalaya cukup aman.

"Namun demikian kami selalu mengarahkan kepada para petani agar tidak selalu mengandalkan pupuk bersubsidi karena anggaran dari pemerintah untuk pupuk bersubsidi terbatas. Jadi diharapkan petani di Kota Tasikmalaya juga bisa mengakses pupuk-pupuk nonsubsidi," katanya.

Baca Juga: Kebutuhan Bahan Bakar untuk Petani, Kini Harus Ada Rekomendasi dari DKP3 Kota Tasikmalaya

Untuk pupuk bersubsidi di Kota Tasikmalaya yang disediakan oleh pemerintah, kata Anisah, per tahunnya pupuk urea jumlahnya sekitar 4000 ton dan NPK sekitar 1500 ton per tahun karena tiap jenis pupuk memang jumlah alokasinya beda-beda.

Halaman:

Editor: Arief Farihan Kamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x