Penanganan Stunting dengan Teknologi Digital di Sumedang jadi Role Model di Indonesia

- 20 Mei 2024, 16:21 WIB
Pj Bupati Sumedang membuka Rembuk Stunting sekaligus launching aplikasi Simpati G2/Jitu di Gedung Negara, Senin 20 Mei 2024.
Pj Bupati Sumedang membuka Rembuk Stunting sekaligus launching aplikasi Simpati G2/Jitu di Gedung Negara, Senin 20 Mei 2024. /kabar-priangan.com/DOK/

KABAR PRIANGAN - Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli menyebutkan, penanganan stunting di Kabupaten Sumedang yang berbasis teknologi digital telah menjadi role model percepatan penurunan stunting di Indonesia, bahkan diapresiasi Menteri Kesehatan dan Presiden Joko Widodo. 

Yudia Ramli mengatakan salah satu keunggulan Pemerintah Daerah Sumedang dalam pencegahan dan penurunan stunting dibandingkan kabupaten/kota lain adalah penggunaan teknologi berupa Aplikasi Simpati (Sistem Pencegahan Stunting Terintegrasi) dan Sinurmi (Sistem Informasi Kesehatan Remaja Putri Dan Ibu Hamil).

"Dua program itu menjadi alat untuk memastikan program yang diberikan tepat sasaran dan berdampak," ucapnya saat membuka Rembuk Stunting sekaligus launching aplikasi Simpati G2/Jitu di Gedung Negara, Senin 20 Mei 2024.

Baca Juga: Antisipasi Gagal Panen di Ujungjaya, Pemda Sumedang Siapkan Pompanisasi

Rembuk stunting menghadirkan tiga narasumber yakni Staf Ahli Bidang Teknologi Kesehatan Kemenkes RI (Setiaji), Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat (Fazar Supriadi Sentosa), dan Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Jawa Barat (Ane Carolina). 

Yudia menyampaikan, Pemda Sumedang saat ini tetap serius mengupayakan pencegahan dan penurunan stunting melalui berbagai layanan spesifik dan sensitif oleh perangkat daerah, Kecamatan, desa/kelurahan serta lembaga non pemerintah. 

"Oleh sebab itu, pada tahun ini upaya pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Sumedang harus lebih terstruktur, sistematis dan masif serta dilakukan dari hulu ke hilir agar target 14 persen angka stunting nasional pada tahun 2024 dapat tercapai," ujarnya. 

Baca Juga: Mangga Gedong Gincu Asal Sumedang Siap Diekspor ke Jepang

Update Aplikasi

Yudia mengungkapkan penggunaan aplikasi Simpati merupakan katalisator efektifitas program penurunan stunting di Kabupaten Sumedang dan akan terus dijaga dan dioptimalkan sehingga tujuan utama Sumedang bebas stunting dapat terwujud. 

"Saat ini Pemerintah Sumedang terus meng update aplikasi simpati memastikan program penurunan stunting efektif mulai dari sasaran di hulu sampai di hilir," katanya.

Halaman:

Editor: Nanang Sutisna


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah