Kin Sanubary Kolektor Koran Lawas dari Subang, Ribuan Koleksinya Bisa Dinikmati Khalayak Bermula dari Medsos

- 16 Mei 2022, 17:05 WIB
Kin Sanubary bersama salah satu media cetak koleksinya, Tabloid Priangan, yang saat ini menjadi Harian Umum Kabar Priangan dengan format koran.*
Kin Sanubary bersama salah satu media cetak koleksinya, Tabloid Priangan, yang saat ini menjadi Harian Umum Kabar Priangan dengan format koran.* /Kabar-Priangan.com/Dok. Kin Sanubary/

KABAR PRIANGAN - Kin Sanubary (51) merupakan sosok manusia langka. Betapa tidak, selama puluhan tahun ia begitu telaten menyimpan dan merawat media cetak mulai koran, majalah, tabloid, hingga buletin, ketika sebagian besar orang tak peduli dan malas melakukan hal itu.

Pria yang bernama asli Ikin Sodikin Mustari itu menggemari koran sejak masih usia SD ketika ia mulai bisa membaca. Namun ia mengawali mengoleksi surat kabar sejak tahun 1985, ketika duduk di bangku SMP. Saat itu Kin Sanubary aktif mengelola majalah dinding sekolahnya.

Ketika puluhan tahun lalu Kin Sanubary mulai rajin mengkoleksi koran-koran tersebut, tak sedikit pun tersirat dalam benaknya bahwa koleksinya tersebut akan dikenal oleh banyak kalangan. Khususnya pemerhati media dan kalangan jurnalistik dalam negeri serta luar negeri.

Baca Juga: Taktik Jitu Shin Tae Yong Jadi Kunci Sukses Timnas Indonesia Tundukkan Myanmar di SEA Games 2021

Kin Sanubary melakukan itu semata-mata hobi dan kecintaannya terhadap media cetak. Kini ada sekitar 3.000-an edisi media cetak dari 300-an penerbitan surat kabar, tabloid dan majalah yang ia koleksi. Media-media cetak tersebut dari terbitan tahun 1950-an hingga tahun 2000-an.

"Dulu saat awal-awal menyimpan atau mengoleksi koran, tak sedikit pun terpikir akan terpublikasi hingga bisa dikenal ke seluruh dunia," ujar pria ramah tersebut kepada Kabar-Priangan.com/Harian Umum Kabar Priangan melalui telepon, Senin 16 Mei 2022.

"Zaman dulu hingga sebelum pertengahan tahun 2000-2010, tak terbayang kan akan ada media sosial seperti Facebook," ucap pria kelahiran Subang, 4 Januari 1971, yang berdomisili di Tanjungwangi, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang itu, menambahkan. 

Baca Juga: Timnas Vietnam Juara Grup A SEA Games 2022, Kalahkan Timor Leste 2-0. Hadapi Runner Up Grup B di Semi Final

Memang karena munculnya medsos Facebook-lah awalnya hasil kerja ketelatenan Kin bisa dinikmati khalayak. Berkat unggahannya, ia dapat berbagi dengan masyarakat umum terutama jurnalis seluruh Indonesia dan dunia. Bahkan jurnalis yang tak aktif lagi pun merasa terbantu.

Halaman:

Editor: Arief Farihan Kamil


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x