Terobosan Erick Thohir, Bakal Ada Liga 4 dan Pemain Asing Liga 1 Menjadi Delapan Orang: PT LIB Harus Berubah!

- 11 Juni 2024, 18:00 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat membuka Kongres Biasa PSSI 2024 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin 10 Juni 2024.*/Kabar Priangan/Foto: PSSI
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat membuka Kongres Biasa PSSI 2024 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin 10 Juni 2024.*/Kabar Priangan/Foto: PSSI /

KABAR PRIANGAN - Rendahnya peringkat Liga Indonesia di level Asia Tenggara apalagi level Asia, membuat Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan berakselerasi melangkah cepat. Salah satu langkahnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mewacanakan menggulirkan Liga 4 dalam sepak bola Indonesia. Liga 4 yang rencananya digelar mulai dua tahun mendatang itu akan menjadi terobosan untuk meningkatkan mutu sepak bola Tanah Air.

Hal tersebut disampaikan Erick saat membuka Kongres Biasa PSSI 2024 yang diikuti 31 perwakilan asosiasi provinsi (asprov), 15 perwakilan Liga 1, 12 dari Liga 2, dan 13 tim Liga 3, serta empat dari asosiasi. Kongres berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Senin 10 Juni
2024.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Filipina: Calvin Verdonk Debut, Shin Tae-yong Instruksikan Pemain Tampil Habis-habisan!

Menurut Erick, bergulirnya Liga 4 sebagai sebagai transformasi sepak bola Indonesia harus segera dilakukan. Dalam upaya transformasi tersebut, Erick menegaskan manajerial dan pelaksanaan Liga Indonesia yang dikelola PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) harus berubah sebagai bentuk terobosan demi kemajuan sepak bola Indonesia.

Kongres Biasa PSSI 2024 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin 10 Juni 2024.*/Kabar Priangan/Foto: PSSI
Kongres Biasa PSSI 2024 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin 10 Juni 2024.*/Kabar Priangan/Foto: PSSI

Erick menyoroti Liga Indonesia yang kini hanya berada di peringkat 28 asia dan peringkat enam Asia Tenggara. "Liga harus bisa bertransformasi. Ada yang salah jika liga kita sekarang nomor 28 di Asia dan nomor enam di Asia Tenggara. Jika Liga 1 dan 2 harus bertransformasi, maka Liga 3 dan 4 harus terus didorong dengan perbaikan manajemen liga," katanya dilansir laman PSSI, Senin 10 Juni 2024. "Karena itu saya meminta seluruh stakeholder mendukung niat baik ini. Harus ada terobosan. Jika ada yang tidak mau, ya jangan salahkan bila tertinggal," ucap Erick yang juga Menteri BUMN tersebut.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Filipina: Laga Hidup Mati, Ragnar Oratmangoen Belajar dari Lawan Irak, Klasemen Grup F

Liga 4 bisa menjadi opsi mencari bibit pemain terbaik 

Dengan adanya Liga 4 bisa menjadi opsi mencari bibit-bibit terbaik pesepak bola Indonesia karena kompetisi sepak bola Indonesia saat ini masih kurang secara kuantitas. Saat ini kompetisi sepak bola Indonesia hanya ada Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Liga 3 baru berakhir dengan juara Adhyaksa Farmel FC yang mengalahkan Persibo Bojonegoro di final.

Sebelumnya klub-klub peserta Liga 3 merupakan klub yang lolos dari Asprov PSSI lalu di tingkat nasional menjadi 80 besar. Setelah itu menjadi 32 besar, kemudian 16 besar, dan delapan besar, hingga akhirnya sebanyak enam tim promosi ke Liga 2.

Halaman:

Editor: Arief Farihan Kamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah