PSSI Resmi Protes ke AFC, Gara-gara Wasit Tajikistan Nasrullo Kabirov Banyak Rugikan Timnas Indonesia U23

- 16 April 2024, 18:39 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thonir (kiri) dan Wasit Tajikistan Nasrulla Kabirov.*/Kolase: kabar-priangan.com/Foto: PSSI dan Instagram TNFF
Ketua Umum PSSI Erick Thonir (kiri) dan Wasit Tajikistan Nasrulla Kabirov.*/Kolase: kabar-priangan.com/Foto: PSSI dan Instagram TNFF /

KABAR PRIANGAN - Kepemimpinan wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov, saat memimpin pertandingan Qatar vs Timnas Indonesia U23 dalam babak penyisihan Grup A Piala Asia U23 2024 atau AFC U23 Asian Cup 2024, Senin 15 April 2024 malam WIB, banyak merugikan Indonesia. Di sisi lain tuan rumah diuntungkan oleh keputusan "sang pengadil" yang dibantu oleh dua wasit Video Assistance Refferee (VAR) asal Thailand.

Dalam pertandingan itu, skuad Garuda Muda kalah skor 2-0. Indonesia harus bermain dengan sembilan pemain karena dua kartu merah dikeluarkan Kabirov. Gol pertama Qatar diciptakan melalui tendangan penalti setelah pemain Timnas Indonesia U23 Rizky Ridho dinilai melakukan pelanggaran terhadap pemain Qatar di kotak terlarang pada menit ke-45+1. Satu gol lagi tercipta oleh tendangan bebas Ahmed Al Rawi (54).

Baca Juga: Qatar vs Timnas Indonesia U23 2-0, Garuda Muda Tampil dengan 9 Pemain, Diwarnai Gol Penalti dan 2 Kartu Merah

Adapun kartu merah diterima pemain Timnas Indonesia Ivar Jenner (46) dan Ramadhan Sananta (90+6). Jenner menerima kartu kuning kedua, padahal ia minim melakuan pelanggaran dan justru melompat untuk menghindar. Di sisi lain pemain Qatar melakukan drama untuk memengaruhi wasit.

Sedangkan kartu merah terhadap Ramadhan diberikan setelah wasit meninjau VAR. Tak lama kemudian Kabirov membatalkan kartu kuning yang telah diberikan sebelumnya dan menggantinya dengan kartu merah.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan dan Live Timnas Indonesia U23 di RCTI serta Link Live Streaming, Mulai Malam Ini!

Wasit juga mengeluarkan kartu kuning kepada Pelatih Timnas Indonesia U23 Shin Tae-yong yang dinilai melakuan protes berlebihan. Shin kecewa dengan keputusan Kabirov yang tak bersikap tegas ketika sejumlah pemain Indonesia mendapat pelanggaran berbahaya dari pemain tuan rumah.

Menyikapi ulah Kabirov tersebut, PSSI pun secara resmi melayangkan protes kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sebagai penyelenggara ajang tersebut. Beberapa keputusan kontroversial wasit menjadi dasar protes. "Kita PSSI akan layangkan surat protes. Karena ada beberapa tadi, kartu merah Ivar, mestinya tidak kartu merah," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Doha, Selasa 16 April 2024, dilansir laman PSSI.

Baca Juga: Lebaran Usai, dr Ngabila Salama Bocorkan Langkah Menghadapi Keluhan Kesehatan serta Kelelahan Setelah Mudik 

Halaman:

Editor: Arief Farihan Kamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah