Lebaran Usai, dr Ngabila Salama Bocorkan Langkah Menghadapi Keluhan Kesehatan serta Kelelahan Setelah Mudik 

- 16 April 2024, 17:00 WIB
Suasana mudik Lebaran H+1 di kawasan Kabupaten Pangandaran dipadati kendaraan pengunjung dari berbagai daerah.*
Suasana mudik Lebaran H+1 di kawasan Kabupaten Pangandaran dipadati kendaraan pengunjung dari berbagai daerah.* /kabar-priangan.com/Dok./

KABAR PRIANGAN - Permasalahan kesehatan dan kelelahan setelah mudik Lebaran Idul Fitri menjadi tidak dapat dihindari oleh pemudik. Untuk itu praktisi kesehatan masyarakat, dr Ngabila Salama membagikan tips dan cara menghadapi keluhan kesehatan serta kelelahan setelah mudik Lebaran. 

Perjalanan yang ditempuh oleh pemudik dengan menggunakan berbagai transportasi, tentunya akan memberikan dampak terhadap tubuh. Tidak sedikit berbagai keluhan dialami oleh pemudik, misalnya fisik yang melemah, kurang tidur, stres yang mengakibatkan imunisasi tubuh menurun berujung jatuh sakit. "Pastikan segera berobat ke dokter atau Puskesmas terdekat yang gratis, untuk diobati segera," ucap dr Ngabila Salama dilansir Antara. 

Baca Juga: Konflik Iran dan Israel Berdampak Melonjaknya Harga Minyak, Begini Tanggapan Ekonom Mari Elka Pangestu

Ngabila Salama melanjutkan, jika terjangkit penyakit menular, segera periksa ke dokter karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang-orang di sekitar. "Seperti batuk, pilek, flu singapura atau 'Hand Mounth Foot Disease (HMFD), campak, diare, hepatitis, demam berdarah dan lainnya," katanya. 

Tips yang bisa dilakukan jika sudah masuk kerja, Ngabila menyarankan masyarakat harus menerapkan 3M. "Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ujar dr Ngabila.

Baca Juga: Baru Mau Mudik? Ada Tiket Promo Nih Buat 46 Kereta Api Berikut dari Kelas Ekonomi hingga Eksekutif

Selain langkah tersebut, apakah ada tips lainnya?

Terdapat langkah-langkah yang dapt dilakukan untuk menghadapi keluhan kesehatan serta kelelahan setelah mudik Lebaran, meliputi:

1. Jika terdapat keluhan yang menganggu aktivitas seperti pusing, mual, muntah atau lemas segera periksa ke dokter

2. Pastikan waktu istirahat yang cukup 

Halaman:

Editor: Arief Farihan Kamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah