Timnas Indonesia Terus Digenjot dalam TC di Turki, Lolos ke Babak 16 Besar Dinilai Target Realistis

- 25 Desember 2023, 21:55 WIB
Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali meninjau latihan Timnas Indonesia yang saat ini sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, sebagai persiapan menghadapi Piala Asia 2024.*/PSSI
Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali meninjau latihan Timnas Indonesia yang saat ini sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, sebagai persiapan menghadapi Piala Asia 2024.*/PSSI /


KABAR PRIANGAN - Timnas Indonesia saat ini sedang menjalani pemusatan latihan/training camp (TC) di Antalya, Turki, sebagai persiapan menghadapi Piala Asia 2024. Pada Minggu 24 Desember 2024 merupakan hari keempat skuad Garuda melakoni TC. Sebelumnya, pada hari ketiga, Sabtu 25 Desember 2023, TC berlangsung dengan lokasi latihan di Huseyin Aygun Football Center, Titanic Deluxe Belek.

Dalam ajang Piala Asia 2024 ini Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menargetkan lolos ke babak 16 besar. Menurut Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, PSSI mendorong Shin mewujudkan target tersebut meski PSSI pun mesti realistis.

Sebagaimana diberitakan, pada babak penyisihan grup, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. "Tentu sebagaimana yang telah disampaikan oleh coach Shin Tae-yong, dia menargetkan lolos ke 16 besar. Itu yang kita harapkan. Federasi (PSSI) tentu harus realistis," ujar Amali dilansir laman PSSI, Senin 25 Desember 2023.

Baca Juga: Hadapi Piala Asia 2024, Ini Daftar 29 Pemain Timnas Indonesia yang Dipanggil PSSI TC di Turki, 2 dari Persib

Disampaikan Amali, Ketua Umum PSSI Erick Thohir selalu berdiskusi dengan Shin tentang sejauh mana kemampuan para pemain. Menurutnya, PSSI tak menargetkan muluk-muluk dalam ajang ini. "Kita juga tidak bisa menargetkan hal yang muluk-muluk, sementara kita tidak realistis dengan kondisi kita sendiri. Jadi sebagaimana disampaikan Coach Shin Tae-yong, dia akan usahakan lolos ke 16 besar, ya kita tunggu saja," ujarnya.

Timnas Indonesia saat ini sedang menjalani pemusatan latihan/training camp (TC) di Antalya, Turki.*/PSSI
Timnas Indonesia saat ini sedang menjalani pemusatan latihan/training camp (TC) di Antalya, Turki.*/PSSI

Marc Klok: Latihan sangat berat

Dalam TC di Antalya pada hari ketiga, para pemain Indonesia digenjot fisik dan teknik bermain oleh seluruh staf kepelatihan dipimpin Shin Tae-yong. Menurut Gelandang Timnas Indonesia Marc Klok, kondisi TC sangat baik. Ia mengaku bersyukur bisa mangikuti TC walaupun latihan yang dijalani sangat berat. “Latihan sangat berat, kita butuh ini untuk Asian Cup nanti. Fisik harus naik dan sampai saat ini latihan sangat baik, semua saya pikir adaptasi dengan baik,” ujar pemain Persib Bandung itu.

Baca Juga: PSGC Ciamis Vs Persika 1951 Karawang, Laga Hidup Mati, Heri Rafni Kotari Minta Para Pemain Tampil Maksimal

Diperoleh informasi, walau cahaya matahari menyinari arena latihan, suhu tetap dingin sekitar 14 derajat celcius. Namun, fasilitas latihan yang sangat baik dan udara yang bersih membuat seluruh pemain antusias mengikuti latihan.

Tiga kali uji coba

TC di Turki akan berlangsung hingga 6 Januari 2024. Selain berlatih, Timnas juga bakal melakukan coba dua kali dengan Libya pada 2 dan 5 Januari. Setelah itu, skuad Indonesia akan berpindah ke lokasi negara penyelenggara Piala Asia 204 dengan melakukan persiapan di Qatar. Namun sebelum Piala Asia 2023 dimulai 12 Januari 2024, Indonesia akan melakoni uji coba melawan Iran pada 9 Januari.**

Editor: Arief Farihan Kamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah