Belasan Sapi dan Kerbau di Pasar Hewan Manonjaya Terindikasi Mengidap PMK

- 11 Mei 2022, 23:56 WIB
Petugas Kesmavet Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Tasikmalaya melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di Pasar Hewan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 11 Mei 2022. Hasilnya, 17 hewan mengidap penyakit mulut dan kuku.*
Petugas Kesmavet Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Tasikmalaya melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di Pasar Hewan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 11 Mei 2022. Hasilnya, 17 hewan mengidap penyakit mulut dan kuku.* /kabar-priangan.com/Aris MF/

KABAR PRIANGAN - Belasan hewan ternak jenis sapi dan kerbau yang diperjual belikan di Pasar Hewan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya ditemukan terindikasi mengidap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal itu diketahui setelah tim Kesmavet Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Tasikmalaya saat melakukan inspeksi mendadak serta pemeriksaan kesehatan hewan ke pasar hewan tersebut, Rabu 11 Mei 2022.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin menjelaskan, dari hasil temuan di lapangan, setidaknya ada 15 ekor sapi dan 2 ekor kerbau yang terindikasi positif PMK.

Baca Juga: Saat Lebaran, Volume Sampah di Kabupaten Ciamis Meningkat Tiga Kali Lipat

Belasan hewan ini diketahui berasal dari salah satu lokasi peternakan hewan di wilayah Kecamatan Singaparna.

"Jadi kita melakukan upaya deteksi dini, memonitor hewan ternak yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Hasil lab dari Balai Besar Veteriner Subang, dinyatakan 17 hewan positif PMK," jelas Nuraedidin.

Ditambahkan dia, pemerintah pusat sudah melakukan antisipasi dengan lockdown wilayah Jawa Timur, atas temuan kejadian PMK disana.

Baca Juga: Tabrakan Maut Terjadi di Dekat Kantor Saltantas Polres Banjar. Pengendara Sepeda Motor Tewas di Perjalanan

Termasuk, dinas pun juga sudah melaporkan kejadian di Pasar Manonjaya ini kepada Bupati Tasikmalaya.

Halaman:

Editor: Zulkarnaen Finaldi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x