1.134 Calon Jemaah Haji Ciamis Ikuti Bimbingan Manasik, Ini Tanggal Kloter Pertama Berangkat ke Tanah Suci

- 18 Mei 2023, 17:09 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka kegiatan manasik haji tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi  di Gedung KH Irfan Hielmy Islamic Center Ciamis, Kamis 18 2023.*/kabar-priangan.com/Istimewa
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka kegiatan manasik haji tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi  di Gedung KH Irfan Hielmy Islamic Center Ciamis, Kamis 18 2023.*/kabar-priangan.com/Istimewa /

KABAR PRIANGAN - Sebanyak 1.134 Calon Jemaah Haji (CJH) tahun 1.444 Hijriyah/2023 Masehi mengikuti bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Ciamis. Kegiatan manasik haji tersebut dibuka langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Yana D Putra serta Sekretaris Daerah Tatang di Gedung KH Irfan Hielmy Islamic Center Ciamis, Kamis 18 2023.

Bimbingan manasik haji ini dilaksanakan selama dua hari 18 dan 20 Mei agar calon jamaah haji memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji saat di tanah suci Mekkah. Calon Jemaah Haji Kabupaten Ciamis yang mengikuti bimbingan manasik haji ini akan diberikan bimbingan langsung oleh narasumber dari Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat.

Bupati Herdiat menyampaikan, bimbingan manasik ini sangat penting agar para Calon Jemaah Haji Ciamis dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan sebenar-benarnya sesuai dengan yang telah disyari'atkan agama. "Bimbingan manasik merupakan hal yang sangat penting sebelum bapak ibu melaksanakan ibadah sesungguhnya, semua itu agar saudara semua dapat benar-benar mengimplementasikannya dalam ibadah haji nanti sesuai dengan rukun dan syari'at Islam," ucapnya.

Baca Juga: Mahkota Binokasih Napak Tilas Ciamis, Bogor, dan Sumedang (4-Habis): Ketika 'Batu Turun Keusik Naek' Tiba

Herdiat menyebutkan ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang memerlukan kekuatan fisik dan kekuatan mental serta akan diikuti oleh jutaan umat muslim dari seluruh dunia. "Jutaan orang akan hadir di tanah suci. Tentu kesiapan mental dan fisik harus betul-betul terjaga, apalagi cuacanya berbeda dengan di tanah air, disana betul-betul panas dan kalau dingin tentu sangat dingin," ujar Bupati.

Diketahui calon jemaah haji tahun ini lebih didominasi oleh para lansia. Karenanya Herdiat menitipkan agar dapat saling menjaga satu sama lain, terutama pada calon jemaah haji yang tergolong masih muda. "Tahun ini banyak lansia yang ikut ibadah haji utamanya usia 65 tahun ke atas. Kepada jemaah yang masih muda saya titipkan untuk mengawal orangtua kita yang sudah sepuh," tegasnya.

"Kami tentu berharap bapak ibu semua dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar, dan mendapat gelar haji yang mabrur dan mabruroh," ujarnya.

Halaman:

Editor: Arief Farihan Kamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x