Jalur Wisata Menuju Pangandaran Ruas Ciamis-Banjar Macet, Ini Rute Jalur Alternatif Tanpa Macet Via Cimaragas

- 13 April 2024, 17:00 WIB
Ilustrasi mudik Idul Fitri 1445 H.*
Ilustrasi mudik Idul Fitri 1445 H.* /Pikiran Rakyat/Fian Afandi/

KABAR PRIANGAN - Memasuki H+3 Idul Fitri 1445 H, Sabtu 13 April 2024, arus lalu-lintas di jalur wilayah Ciamis Kota-Banjar Kota, Jawa Barat, terpantau padat bahkan kerap macet. Soalnya hari ini bertepatan dengan akhir pekan libur Lebaran 2024, sedangkan jalan tersebut merupakan jalur utama selatan Pulau Jawa dari arah Ciamis Kota/Tasikmalaya Kota/Bandung menuju salah satu tempat wisata pantai favorit di Jawa Barat yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran.

Adapun arus lalu lintas dari arah Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap Jawa Tengah menuju Perbatasan Jateng-Jabar di wilayah Jabar yakni Kota Banjar terpantau lancar. Sedangkan cuaca di wilayah Banjar pada pukul 12.16 WIB dan sebelumnya pada hari ini cerah. Demikian juga di wilayah Kampung Pasirkadu Desa Petirhilir Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis pukul 16.30 cerah.

Baca Juga: Hari Ketiga Libur Lebaran, Arus Lalu Lintas ke Objek Wisata Pangandaran Padat Merayap

Diperoleh informasi, jalur utama ruas Banjar-Ciamis maupun sebaliknya terjadi kemacetan, terutama di Pertigaan Cisaga. Salah satunya karena keluar masuk kendaraan dari dan menuju wilayah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Bahkan terjadi kecelakaan kendaraan di ruas jalan tersebut.

Jalur Majenang-Banjar-Ciamis Kota

Karena itu pengguna lalu lintas dari arah Majenang Jawa Tengah atau Pangandaran yang akan menuju Ciamis/Tasikmalaya/Bandung maupun sebaliknya, bisa memanfaatkan jalur alternatif. Jika dari arah Majenang Jawa Tengah, setelah melewati Kantor Wali Kota Banjar dan Mapolres Banjar di sebelah kiri terdapat Pertigaan Lapangan Golf Citanduy, lalu masuk jalan melewati Jembatan Dobo Citanduy.

Baca Juga: Saat Arus Mudik dan Balik, 3 Pos Pelayanan Disiagakan di Indihiang Tasikmalaya, Kapolsek Imbau Jaga Kamtibmas

Bagi Anda yang ingin beristirahat, menunaikan ibadah salat, atau mengisi perut, di area sekitar ujung jembatan tersedia Rest Area Sungai Citanduy. Selain terdapat masjid jami, di lokasi ini beragam sajian kuliner makanan ringan dan berat tersedia. Bakar ikan dan nasi timbel komplet bisa dinikmati di warung-warung yang berjejer di pinggir sungai.

Jalur Pangandaran-Ciamis Kota-Majalengka

Jika Anda akan menuju Ciamis/Tasikmalaya/Bandung, selanjutnya masuk arah Pasar Banjar dan masuk lagi ke kanan arah Jalan Cimaragas. Di depan Terminal Cimaragas, bila akan menuju Ciamis Kota/Kawali/Majalengka/Cirebon, ambil jalur ke kanan. Selanjutnya bisa keluar dari Pertigaan Bojong, Pertigaan Kertasari, atau RSUD Ciamis/Pasar Manis Ciamis.

Baca Juga: Pengemudi Mesti Tahu! Jalur Contraflow Sangat Berbahaya sehingga Perlu Ekstra Hati-hati, Apalagi Saat Mudik

Halaman:

Editor: Arief Farihan Kamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah