Dukungan Agar Gurame Soang Dipatenkan Makin Meluas

- 10 Juni 2021, 09:18 WIB
Melalui program "Mernek Jenek"  kelompok usaha budidaya ikan Gurame, Pokdakan Ulam Sari yang beranggotakan 18 orang warga Desa Mernek Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, masih panen gurami. Kelompok tersebut tetap eksis di tengah pandemi Covid 19 yang mengakibatkan lesunya ekonomi 2000.
Melalui program "Mernek Jenek" kelompok usaha budidaya ikan Gurame, Pokdakan Ulam Sari yang beranggotakan 18 orang warga Desa Mernek Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, masih panen gurami. Kelompok tersebut tetap eksis di tengah pandemi Covid 19 yang mengakibatkan lesunya ekonomi 2000. /Pikiran-Rakyat.com/Eviyanti/

KABAR PRIANGAN - Dukungan agar ikan gurame soang mendapatkan hak paten sebagai ikan khas Ciamis semakin mengalir deras.

Selain dari para pembudidaya ikan yang tersebar di seluruh Tatar Galuh, dukungan agar jenis ikan gurame dipatenkan juga datang dari Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kab. Ciamis.

Ketua KTNA Ciamis H.Pipin Apilin dan Sekretarisnya Asep Halim SP misalnya memandang bahwa usulan yang kembali dinisiasi Paguyuban Pembudidaya Ikan Ciamis (PPC) di bawah komando Hendar Suhendar menjadi sebuah keniscayaan.

Baca Juga: Ancam Anggota TNI dengan Senjata Tajam, Dua Pemuda Diamankan di Kantor Polisi

Apalagi sejak lama nama ikan gurame soang sudah melekat sebagai ikan khas Ciamis dan banyak dibudidayakan jadi andalan perekonomian masyarakat Ciamis.

Ketika mengikuti pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) KTNA atau kegiatan lain, Pipin menyebut bahwa pembudidaya ikan dari berbagai pulau sering bertanya tentang gurame soang yang sudah cukup kakoncara.

Jadi supaya tidak dilegitimasi daerah lain, dia meminta agar proses legitimasi dengan cara memproses hak patennya bisa segera dilakukan.

Baca Juga: Pembudidaya Ikan Desak Pemkab Ciamis Proses Sertifikasi Ikan Gurame Soang

Dia yakin dengan kepemilikan hak paten, kesejahteraan para pembudidaya di Ciamis bisa terdorong.

Halaman:

Editor: Dede Nurhidayat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X