Menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah BI Tasikmalaya Siapkan Uang Kartal Rp2,9 Triliun

- 21 April 2022, 11:41 WIB
Minat warga untuk menukar uang jelang lebaran di Kota Tasikmalaya cukup tinggi. BI Tasikmalaya siapkan uang kartal untuk memenuhi kebutuhan penukaran di titik strategis yang sudah ditentukan se Priangan Timur.
Minat warga untuk menukar uang jelang lebaran di Kota Tasikmalaya cukup tinggi. BI Tasikmalaya siapkan uang kartal untuk memenuhi kebutuhan penukaran di titik strategis yang sudah ditentukan se Priangan Timur. /kabar-priangan.com/Erwin R/

 

KABAR PRIANGAN - Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, Bank Indonesia (BI) sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan menyediakan uang tunai sebesar Rp175,26 triliun secara Nasional, naik 13,42% dari tahun sebelumnya.

"Untuk Bank Indonesia Tasikmalaya sendiri uang kartal yang disiapkan sebesar Rp2,96 triliun," demikian kata Deputi Kepala Perwakilan BI Tasikmalaya Nurtjipto, Kamis 21 April 2022.

Menurutnya, uang kartal yang disiapkan tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat se-wilayah Priangan Timur dengan tingkat kecukupan kas sebesar 146,1%.

Baca Juga: BLT UMKM akan Segera Cair. Ini Cara Cek Penerima di Eform.bri.co.id

Langkah BI tersebut juga dilakukan seiring momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut. Serta untuk mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan pandemi yang mulai terkendali.

Dikatakan Nurtjipto, Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadan dan Idulfitri, diperkirakan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran.

Sehingga membutuhkan peningkatan layanan sistem pembayaran tunai dan non tunai. Selain menyiapkan uang tunai, BI juga terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pembayaran non tunai.

Baca Juga: Ketua Umum PSSI Sebut Kompetisi Liga 1 2022/2023 Akan Digelar Mulai 27 Juli, Bisa Dihadiri Penonton?

Halaman:

Editor: Dede Nurhidayat


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x