Gempa M7,4 Guncang Taiwan Hari Ini Picu Peringatan Tsunami

- 3 April 2024, 08:27 WIB
Ilustrasi gempa Taiwan M7,4 yang terjadi pada hari ini, Rabu pagi 3 April 2024. Gempa memicu peringatan tsunami.
Ilustrasi gempa Taiwan M7,4 yang terjadi pada hari ini, Rabu pagi 3 April 2024. Gempa memicu peringatan tsunami. /Pixabay.com/

KABAR PRIANGAN - Gempa mengguncang Taiwan tepatnya di Hualien City pada pukul 06.58 WIB pada hati ini, Rabu 3 April 2024. Gempa Taiwan pagi ini memiliki magnitudo Mw7,4 dan dirasakan selama 40 detik.

Gempa dengan kedalaman 35 km ini dirasakan hingga skala VIII MMI. Gempa Taiwan ini memicu peringatan tsunami, termasuk di Jepang dan Filipina Diperkirakan ketinggian tsunami setinggi 3 meter.

Dari video yang beredar di media sosial, gempa yang berpusat di darat ini mengakibatkan kerusakan. Terlihat gedung-gedung tingkat miring nyaris ambruk, terlihat juga terjadi longsor di kawasan perbukitan.

Baca Juga: Gempa Kagetkan Warga di Pesisir Pantai Pangandaran, Main Game Berhenti, Jajang: Tiba-tiba Terasa Bergoyang

Gempa M7,4 Diikuti Gempabumi Susulan

Gempa diikuti gempa susulan dengan magnitudo M6,5 pada pukul 07.11 WIB dengan kedalaman 12 km. Kemudian pada pukul 07.46 WIB, gempa susulan kembali terjadi dengan magnitudo M5,7.

Mekanisme Gempa Taiwan M7,4

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa Taiwan M7,4 walaupun memicu peringatan tsunami, namun tidak berdampak signifikan hingga wilayah Indonesia. Mekanisme gempa ini menurut Daryono memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

Saat tulisan ini dibuat belum diketahui ada tidaknya korban jiwa akibat gempa Taiwan yang terjadi pada Rabu pagi ini.***

 

Editor: Helma Apriyanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x