Desa Baregbeg Bakal Jadi Sentra Gurame di Ciamis, Kades Owoy Berikan Pelatihan Langsung Budidaya Gurame

- 13 Mei 2022, 22:12 WIB
Puluhan warga Desa Baregbeg Kecamatan Baregbeg yang tergabung dalam 15 kelompok tani mengikuti bimtek serta pelatihan budidaya ikan gurame di desa tersebut, Jumat 13 Mei 2022.*
Puluhan warga Desa Baregbeg Kecamatan Baregbeg yang tergabung dalam 15 kelompok tani mengikuti bimtek serta pelatihan budidaya ikan gurame di desa tersebut, Jumat 13 Mei 2022.* /Kabar-Priangan.com/Istimewa

KABAR PRIANGAN - Gurame merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki prospek cerah bila
dibudidayakan dengan baik. Hingga saat ini ikan gurame banyak diminati karena rasanya yang khas dengan daging tebal dan enak.

Banyak cara budidaya ikan gurame sehingga bisa menghasilan uang jutaan rupiah. Tidak sedikit para petani kreatif menjadi pengusaha sukses dan mampu mengubah tatanan hidupnya menjadi lebih sejahtera. Umumnya budidaya gurame dilskukan petani di kolam, khususnya di pedesaan.

Melihat peluang tersebut, Kepala Desa Baregbeg H Owoy yang juga salah seorang pembudidaya ikan gurame di Kabupaten Ciamis, memberikan bimbingan teknis (bimtek) serta pelatihan kepada 15 kelompok tani di lingkungan desa setempat.

Baca Juga: Kios Kaki Lima Dibiarkan Berdiri di Pinggir Jalan Dekat Unigal Ciamis, Proyek Perbaikan Drainase yang Mengalah

Bimtek serta pelatihan secara langsung di lapangan itu dilaksanakan di sejumlah kolam ikan miliknya di Dusun Ciwalung, Desa Baregbeg, Jumat 13 Mei 2022.

Menurut Owoy, peluang usaha budidaya ikan gurame supaya cepat mendapatkan keuntungan perlu memerhatikan lokasi kolam.

"Lokasi kolam yang baik perlu mendapatkan sinar matahari yang cukup karena ikan gurame memiliki habitat di tempat berdaratan rendah dengan suhu sekitar 25 sampai 28 derajat celcius," ucap Owoy.

Baca Juga: Truk Boks yang Bertabrakan di Gentong dan Menewaskan Pengendara Motor Ternyata Mengangkut Ratusan Botol Miras

Setelah lokasi kolam ideal, lanjut Owoy, selanjutnya perlu memilih benih ikan gurame yang sehat. "Yakni memiliki berat minimal 100 gram atau berumur lebih dari setahun," ucapnya.

Disampaikan Owoy, melihat peluang yang cukup menjanjikan tersebut pihaknya akan terus membina warganya dengan cara dibentuk kelompok-kelompok tani di setiap dusun. Setelah mereka paham semua teknik dan tata caranya langsung diberi modal.

"Kami merencanakan Desa Baregbeg ini sebagai penghasil ikan gurame di Kabupaten Ciamis. Terus terang selama ini saya sebelum menjadi kepala desa juga sudah menjadi pembudidaya  gurame, sehingga ilmu untuk budidaya ikan gurame tersebut sudah sangat paham," ujarnya.

Halaman:

Editor: Arief Farihan Kamil


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x