Waspadai Penyebaran PMK Mentan Datangi Peternak Sapi di Cilayung Sumedang

- 18 Mei 2022, 20:06 WIB
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir bersama pejabat terkait lainnya mendatangi kandang sapi di Desa Cilayung  Kecamatan Jatinangor Sumedang.
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir bersama pejabat terkait lainnya mendatangi kandang sapi di Desa Cilayung  Kecamatan Jatinangor Sumedang. /kabar-priangan.com/Devi Supriyadi/

KABAR PRIANGAN - Waspadai penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak sapi, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir bersama pejabat terkait lainnya mendatangi kandang sapi di Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor Sumedang, Rabu, 18 Mei 2022.

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, menjelang Hari Raya Idul Adha 2022 sejumlah hewan ternak yang terkena penyakit PMK tengah menjadi sorotan.

Oleh karena itu, pihaknya langsung mendatangi peternakan sapi di Desa Cilayung, Jatinangor guna memastikan ada atau tidaknya hewan yang terjangkit PMK.

Baca Juga: Disdukcapil Sumedang Berikan Pelayanan Khusus Bagi Penyandang Disabilitas

"Hari ini kita datang untuk memastikan bahwa pemerintah bersama stakeholder terkait khususnya di Kementan maupun Dirjen Peternakan telah bergerak mengantisipasi berbagai perkembangan dari suspek PMK," ucapnya saat mendatangi peternak sapi di Desa Cilayung.

Dia menjelaskan, dari 48 kabupaten/kota yang ada di Indonesia diketahui beberapa hewan ternaknya terjangkit PMK.

"Ingat, bahwa PMK memang ada, tapi proses penyembuhannya sangat maksimal," ucap Syahrul.

Baca Juga: Lestarikan Kearifan Lokal, Masyarakat Ciboboko Sumedang Bentuk LAD

Mentan Syahrul mengatakan, sudah melakukan pemantauan di berbagai daerah termasuk Kabupaten Sumedang dalam penyebaran PMK terhadap hewan ternak.

"Saya sudah mengintervensi Sumedang sambil proses yang berjalan, antara lain intervensi obat-obatan dan vitamin. Begitupun penggunaan obat dari bahan alami atau herbal untuk hewan ternak turut diberikan guna mempercepat sekaligus mencegah meluasnya penyakit PMK," katanya.

Halaman:

Editor: Nanang Sutisna


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x