Jelang Diresmikan Jokowi, DPRD, Pemda Garut dan Pelaku Usaha Kompak Bersihkan Situ Bagendit

- 17 Mei 2022, 20:39 WIB
Anggota DPRD dan Pemkab Garut serta unsur lainnya bergotong royong membersihkan objek wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi sebelum diresmikan Presiden Jokowi.
Anggota DPRD dan Pemkab Garut serta unsur lainnya bergotong royong membersihkan objek wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi sebelum diresmikan Presiden Jokowi. /kabar-priangan.com/Dindin Herdiana/

KABAR PRIANGAN - Menjelang kedatangan Presiden RI Joko Widodo yang direncanakan akan membuka secara resmi objek wisata Situ Bagendit, awal Juni 2022 mendatang, Berbagai elemen masyarakat silih berganti melakukan aktivitas membersihkan sampah dikawasan situ yang melegenda tersebut. 

Pada Selasa 17 Mei 2022 giliran para anggota DPRD Garut, unsur pemerintah daerah, dan pelaku usaha yang bersih- bersih kawasan tersebut. 

Ketua DPRD Kabupaten Garut, Hj. Euis Ida Wartiah, mengatakan, pihaknya menggandeng pemerintah daerah beserta pelaku usaha untuk bersama-sama meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan, dan sekaligus memelihara aset yang dimiliki oleh Kabupaten Garut. Menurutnya, hal tersebut penting agar tetap terjaga khususnya dalam hal kebersihan.

Baca Juga: Jumlah Hewan Ternak di Garut yang Terpapar Wabah PMK Terus Bertambah

"Kepekaan kita terhadap lingkungan harus terus dilakukan. Persampahan dan lingkungan pariwisata ini tidak hanya oleh para wisatawan saja, tapi kita juga dari dewan tidak hanya pengawasan saja. Namun kita juga harus ikut terhadap kepekaan lingkungan, tersebut,” ucap Euis Ida disela kegiatan.

Ia berharap, untuk seluruh masyarakat terutama wisatawan dapat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara itu, Kadisparbud Garut, Budi Gan Gan, menyatakan, pihaknya menyambut baik dan apresiasi kepada para wakil rakyat dan staf setwan yang ikut peduli dalam melakukan kegiatan kebersihan di objek wisata Situ Bagendit.

Baca Juga: Meski Banyak yang Terpapar Wabah PMK, Stok Hewan Kurban di Garut Aman

"Kami bangga dan apresiasi bahwasannya para wakil rakyat ini sangat peduli dan sangat atensi terkait dengan kebersihan yang ada di destinasi wisata, tidak hanya di Situ Bagendit, tapi juga di tempat wisata lain yang ada di Kabupaten Garut,” ucap Budi Gan Gan.

Ia berharap, kegiatan ini merupakan sebuah awal dan harus terus dikembangkan karena masalah sampah merupakan tanggung jawab bersama. Ia juga mengimbau kepada seluruh pengunjung objek wisata agar senantiasa menjaga dan merawat kebersihan lingkungan.

Halaman:

Editor: Nanang Sutisna


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x