3500 Anggota Linmas Unjuk Kemampuan, Siap dalam Pengamanan Nataru di Kabupaten Tasikmalaya

- 24 Desember 2022, 17:15 WIB
Anggota Linmas dari 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya menggelar apel akbar kesiapsiagaan Linmas di Lapangan Upacara Gedung Bupati Tasikmalaya, Jumat 23 Desember 2022.*
Anggota Linmas dari 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya menggelar apel akbar kesiapsiagaan Linmas di Lapangan Upacara Gedung Bupati Tasikmalaya, Jumat 23 Desember 2022.* /kabar-priangan.com/Istimewa

KABAR PRIANGAN - Sebanyak 3.500 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) atau dulu disebut Pertahanan Sipil (Hansip) dari 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, akan dilibatkan dalam pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Para Linmas nantinya akan berjaga di pos-pos pengamanan memantau pergerakan manusia, kesigapsiagaan bencana, hingga menjaga ketertiban masyarakat.

Sebelum diterjunkan dalam pengamanan, ribuan anggota Linmas ini selesai mendapat pelatihan dari TNI terkait banyak hal. Mulai dari peningkatan kapasitas dan keahlian. Selain cakap baris berbaris, mereka juga mendapat pelatihan bela diri hingga wawasan umum.

Baca Juga: Petugas Menyisir Sejumlah Kafe, Hotel dan Kos-kosan, Belasan Pasangan dan Remaja Pesta Miras Terjaring Razia

"Linmas ini sebagai bentuk kekuatan partisipasi publik dalam rangka ketertiban umum, pengamanan dan perlindungan. Maka kami harapkan bakal membantu TNI dan Polri serta Kepala Desa dilapangan," kata Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, menggelar apel akbar kesiapsiagaan Linmas di Lapangan Upacara Gedung Bupati Tasikmalaya, Jumat 23 Desember 2022.

Ade berharap, anggota Linmas juga menjadi taruna siaga yang siap bantu masyarakat yang kesulitan. Sebab keberadaan Linmas menjadi ujung tombak ketertiban di tengah masyarakat. "Linmas ini bisa membantu keluhan warga karena dekat dengan masyarakat," ujar Ade.

Dihadapan Bupati, Kapolres Tasikmalaya dan Dandim 0612 Tasikmalaya, ribuan anggota Linmas ini unjuk kemampuan. Mereka mulai melakukan baris-berbaris hingga menolong korban bencana alam.

Baca Juga: Pasar Cikurubuk Disidak, Begini Kondisi Ketersediaan dan Harga Bahan Pokok di Kota Tasikmalaya Jelang Nataru

Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf. Raden Henra Sukamadjidibrata, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan apel pasukan Linmas yang sudah sangat luar biasa.

Halaman:

Editor: Arief Farihan Kamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x